PETUGAS PELAYANAN SKCK TANDATANGANI PAKTA INTEGRITAS SEBAGAI KOMITMEN CEGAH PUNGLI

img-20161021-wa0035

Kresna Rote — Kepolisian Resor Rote Ndao berupaya memperbaiki pelayanan publik (SKCK), melalui pencegahan terhadap pratek pungutan liar (pungli) dan praktek percaloan yang meresahkan masyarakat dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah melakukan reformasi hukum.

Sebanyak sepuluh orang petugas pelayanan SKCK Polres dan Polsek jajaran berkumpul di Mapolres Rote Ndao dalam rangka mendengarkan pengarahan serta menandatangani pakta intergritas berkaitan dengan pelayanan publlik. Jumat (28/10/2016) siang.

Saat memberikan pengarahan kepada petugas pelayanan SKCK, Iptu Suprapto Kasat Intelkam, menyoroti pungutan liar pada pelayanan publik, meskipun permasalahan pungli tidak terjadi diloket pelayanan SKCK, namun sebagai pembina fungsi, hal tersebut akan selalu diingatkan bagi personil yang mengawaki tugas pelayanan.

“Saya ingatkan pada petugas pelayanan SKCK ada arahan Presiden dan Kapolri, berkaitan dengan pelayanan publik yang sesuai ketentuaan, terkait PNBP harus sesuai standar tarif pelyanan, harus bebas dari praktek pungli ataupun menerima gratifikasi atau uang tips sebagai imbalan” ujar Suprapto di Lopo Kresna Mapolres Rote Ndao Siang itu.

Kegiatan tersebut  berlangsung secara sederhana, namun memiliki tujuan untuk  memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi seperti pungli dengan penandatanganan pakta integritas. Hal lain yang mau dibagun yakni menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab kepada masyarakat.

“ Tentunya penandatangan dokumen pakta integritas bidang pelayanan tidak dapat serta merta merubah sebuah institusi menjadi lebih bersih dan berwibawa, jika tidak disertai dengan integritas pribadi petugas pelayanan SKCK, saya mengiginkan komitmen menjaga Integritas menolak pratek korupsi dan pungli tidak diatas kertas namun diimplementasikan dalam karya nyata” kata Suprapto.

Salah seorang petugas pelayanan SKCK yang dimintai pendapatnya sehubungan dengan pelakasanaan kegiatan tersebut “ kami yang dikumpulkan hari ini sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, untuk menyamakan presepsi dibidang pelayanan dan menyatukan komitmen untuk menjaga integritas terutama pencegahan praktek pungli, karena yang dirugikan adalah masyarakat, ujar Briptu Dadang Suntoro petugas pelayanan SKCK Polsek Rote barat Daya, usai kegiatan dilaksanakan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh satuan intelkam Polres Rote Ndao,  untuk memastikan bahwa petugas pelayanan dapat lebih transparan, akuntabel dan bertanggungjawab. Pakta integritas pernah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, yang mana peraturan ini dilaksanakan dalam rangka pemberantasan korupsi dengan melakukan pembangunan zona integritas wilayah bebas korupsi, Polri khususnya Polres Rote Ndao telah telah mengimplementasikan hal tersebut pada pelayanan Publik. (Dimas P)

Polres Rote Ndao

PUTRY BOLLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X

Pin It on Pinterest

X